Rolling Pin Penggilas Adonan

rolling pin aluminium

rolling pin aluminium

Rolling pin adalah benda yang berbentuk silinder panjang dengan permukaan yang halus dan mulus. Rolling pin berfungsi untuk menggilas dan meratakan adonan sebelum dipotong atau dicetak, misalnya menggilas adonan cookies, pie, donat, pizza, pastel, pastry, dan lainnya.

Rolling pin bisa kita temukan di supermaket atau toko peralatan dan bahan kue. Rolling pin yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai jenis bahan dan bermacam ukuran. Ada yang terbuat dari plastik, kayu, aluminium, dan marmer dengan ukuran yang paling kecil 20cm hingga yang paling besar bisa mencapai 60cm.

 

Tips memilih rolling pin yang baik, yaitu:

  1. Pilihlah rolling pin dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila ingin menggilas
    rolling pin plastik

    rolling pin plastik

    adonan dalam jumlah banyak, maka pilihlah yang berukuran besar.

  2. Jangan membeli rolling pin dengan ukuran yang sangat kecil karena tidak akan banyak membantu pekerjaan Anda di dapur. Paling ideal rolling pin ukuran sedang sekitar 30cm.
  3. Jangan membeli rolling pin dengan bahan kayu yang berserabut karena serabut kayu tersebut akan menempel di adonan saat menggilas. Pilih rolling pin dengan permukaan yang halus dan mulus.
  4. Pilih rolling pin yang kuat, kokoh, dan sedikit berat. Rolling pin yang terlalu ringan akan menyulitkan saat digunakan untuk menipiskan adonan.
rolling pin marmer

rolling pin marmer

 

Cara merawat rolling pin: setelah digunakan, cuci rolling pin dengan sabun dan air hangat supaya adonan yang menempel dapat luruh semua. Tiriskan rolling pin dengan kain atau tisu hingga kering. Khusus untuk rolling pin yang terbuat dari kayu, setelah kering, olesi tipis dengan minyak bersih, biarkan minyak meresap ke dalam kayu sehingga kelembapan terjaga dan kayu tidak retak.

rolling pin kayu

rolling pin kayu

Rolling pin atau penggilas adonan adalah salah satu peralatan masak yang sebaiknya wajib ada di dapur karena alat yang satu banyak dibutuhkan saat membuat berbagai macam kudapan. Apabila tidak punya rolling pin, kita juga bisa menggunakan botol sirup yang permukaannya mulus atau pralon pendek yang sudah dicuci bersih sebagai gantinya.

1,626 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini