Persiapan Bahan Makanan

persiapan bahan makanan, mengolah makanan, memasak, cara

Ilustrasi persiapan bahan makanan. Sumber: www.google.com

Persiapan bahan makanan sebelum dimasak merupakan tahap pertama dari proses memasak. Persiapan bahan makanan yang dimaksud disini adalah meracik bahan makanan sehingga siap untuk dimasak atau dimatangkan. Kegiatan persiapan bahan makanan sangat banyak macamnya, seperti:

  1. menakar (menimbang)
  2. mencuci
  3. memotong
  4. menyiangi
  5. mengocok
  6. membumbui
  7. memanir

Meskipun begitu, tidak semua masakan harus melalui seluruh proses persiapan tersebut. Panjangnya proses persiapan bahan makanan yang dilakukan tergantung dari menu masakan yang akan dimasak. Terkadang, ada masakan yang hanya perlu dicuci dan dipotong, kemudian bisa langsung dimasak, contohnya sayuran tumis. Namun, adakalanya proses persiapan menjadi sangat panjang, seperti bahan makanan yang harus ditimbang, dicuci, dipotong, dibumbui, dipanir, dan kemudian baru bisa dimasak, contohnya chicken katsu.

Sekilas proses persiapan bahan terlihat sepele, tetapi sebenarnya proses ini sama pentingnya dengan proses memasak karena apabila persiapan yang kita lakukan tidak sempurna, maka akan berdampak pada hasil masakan yang tidak sempurna juga. Sebagai contoh saat kita ingin memasak daging, apabila kita memotong daging dengan tidak benar (ukuran besar dan tidak beraturan), maka setelah matang daging akan bertekstur keras, sulit dikunyah, dan rasanya hambar karena bumbu tidak bisa meresap ke dalam.

Setelah menyelesaikan proses persiapan bahan makanan, tahapan selanjutnya dalam memasak yaitu proses memasak atau mematangkan dan proses menyajikan makanan.

74,315 kali dilihat, 170 kali dilihat hari ini