Kuliner Kebumen – Sate Ambal

sate ambal, info kuliner, indonesian food, makanan khas, tradisional, kebumen, jawa tengah

sumber foto: www.google.com

Sate Ambal adalah makanan khas daerah Kebumen, Jawa Tengah. Kata ‘ambal’ diambil dari nama daerah makanan khas ini berasal yaitu di Desa Ambal Resmi, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah. Berdasarkan sumber yang saya baca, Sate Ambal yang paling terkenal di Kebumen adalah sate buatan Pak Kasman. Pak Kasman adalah keturunan ketiga di keluarganya yang menggeluti usaha Sate Ambal. Konon katanya, sate ini harus dibuat dengan ayam betina yang memiliki banyak gajih agar rasanya istimewa.

Ciri khas yang membedakan sate ini dengan sate lainnya adalah bumbu pelengkapnya. Sate ayam ini dilengkapi dengan bumbu yang terbuat dari tempe yang dibakar kemudian dihaluskan. Pada saat penyajian, bumbu tidak dicampur dengan tusukan sate, melainkan disajikan dalam mangkuk terpisah agar orang yang menyantapnyabisa menikmati kelezatan asli sate yang dalam pembuatannya pun juga sudah dibumbui.

Cita rasa dan kelezatan Sate Ambal sudah banyak diakui oleh banyak orang, namun sayang nampaknya masyarakat Kebumen belum memasarkan makanan khasnya keluar daerah. Saya pertama kali makan sate ambal ketika masih kuliah. Saat itu sedang ada bazaar makanan khas traditional Jawa, salah satunya ada stand makanan sate ambal ini. Saya pikir rasanya sama seperti sate ayam biasa, tapi ternyata saya salah. Sate Ambal rasanya jauh lebih gurih dan bumbunya meresap sampai ke dalam daging ayamnya. Ketika itu, satu porsi berisi lontong dan lima tusuk sate dijual dengan harga Rp 10.000. Tak heran kalau stand Sate Ambal ini menjadi stand yang paling laris saat itu karena harganya murah dan rasanya lezat.

Itu pengalaman pertama dan satu-satunya saya menikmati sate ambal karena setelah bazaar itu selesai tidak ada lagi yang menjual sate ambal. Saya juga tidak menemukan penjual sate ambal di sekitar daerah tempat tinggal saya.

659 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini