Carrot Cake

carrot cake, bolu wortel, healthy food, fruit cake, baking

Belakangan ini healthy food atau makanan sehat sedang menjadi tren di dunia kuliner. Tren ini menjadi kian populer karena semakin banyak orang yang peduli dengan kesehatan dan sadar betapa junk food sangat membahayakan. Karena itulah, saat ini banyak sekali resep-resep masakan yang menggunakan bahan-bahan dengan unsur vitamin yang tinggi, seperti buah dan sayur, serta mengurangi bahkan menghilangkan sama sekali unsur zat kimia makanan dan minyak.

Antara peduli dengan kesehatan, mau ikutan tren healthy food, sekaligus penasaran dengan rasanya makanan yang diberi ekstra vitamin, akhirnya saya memutuskan untuk membuat Carrot Cake. Dari berbagai referensi yang saya baca, hampir semua resep cake yang menggunakan wortel pasti juga menggunakan tambahan perasa atau bubuk kayu manis. Selintas saya berpikir, “Kenapa wortel dipasangkan dengan kayu manis, ya? Apa rasanya cocok?” daripada kebanyakan mikir, yuk mending langsung kita eksekusi saja.

Bahan:

  • 125gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • 2 butir telur
  • 100ml minyak sayur
  • 100gram gula pasir
  • 50gram wortel, parut halus

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan. Supaya lebih praktis, gabungkan beberapa bahan dalam satu wadah. Dalam wadah kecil, campur tepung, baking powder, garam, dan kayu manis. Dalam baskom yang agak besar, campur telur, minyak sayur, dan gula pasir. Siapkan juga wortel parut di wadah terpisah. Untuk peralatannya, cukup sediakan whisker (pengocok), spatula untuk mengaduk adonan, dan loyang kecil.

Jpeg

2. Setelah semua bahan dan peralatan siap, pertama-tama kocok telur, minyak, dan gula dengan whisker hingga tercampur rata, sisihkan.

Jpeg

3. Aduk campuran tepung dengan spatula hingga rata.

Jpeg

 

4. Tuang campuran tepung ke dalam baskom berisi bahan basah, aduk dengan spatula hingga tercampur rata.

Jpeg

5. Tambahkan parutan wortel, aduk hingga rata.

Jpeg

6. Masukkan adonan ke dalam loyang kecil, panggang hingga matang selama 30 menit. Cek kematangan dengan cara menusuk cake dengan tusuk sate. Apabila masih ada adonan yang menempel di tusuk sate, berarti cake belum matang.

Jpeg

 

71,644 kali dilihat, 167 kali dilihat hari ini