Apa Itu Memasak?

pengertian, definisi, penjelasan, cara, fungsi, memasak

Ilustrasi memasak. sumber: www.google.com

Memasak adalah kegiatan yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari karena hampir seluruh makanan yang kita konsumsi setiap hari mengalami proses dimasak terlebih dahulu. Baik makanan tersebut kita masak sendiri ataupun dimasak oleh oranglain, intinya, selain buah dan minuman, makanan yang masuk ke dalam mulut pasti sudah dimasak. Sebegitu dekatnya kita dengan kegiatan memasak. Dapat dikatakan, tanpa adanya kegiatan masak-memasak, kita sebagai manusia akan sulit untuk bertahan hidup. Namun, tahukah Anda apa itu memasak?

Memasak adalah proses mengolah bahan makanan mentah menjadi matang dan dapat dikonsumsi oleh tubuh manusia. Kata dapat dikonsumsi disini bukan sekadar bisa disantap, dikunyah, dan mengeyangkan perut, tetapi juga dapat dicerna dengan baik oleh lambung dan tidak memberikan efek buruk bagi tubuh. Seiring dengan perkembangan zaman, proses memasak tidak lagi dilakukan hanya untuk mengolah bahan makanan mentah menjadi matang dan dapat dikonsumsi, tetapi memasak menjadi sebuah kegiatan yang dilakukan untuk memberikan kebutuhan dan kesenangan bagi manusia yang mengonsumsi makanan tersebut. Kebutuhan dan kesenangan tersebut didapatkan dari makanan yang sehat bergizi, tampilan makanan yang menggugah selera, serta rasa yang lezat dan mengenyangkan.

Berdasarkan pengertian tersebut, dapat disimpulkan beberapa fungsi proses memasak, yaitu:

  1. Membuat bahan makanan berukuran kecil dan bertekstur lunak sehingga bisa dikunyah oleh gigi dan dicerna lambung manusia.
  2. Mematikan bakteri dan kuman yang berbahaya bagi tubuh
  3. Memberikan tambahan cita rasa sehingga makanan terasa lebih lezat
  4. Memberikan tampilan yang indah sehingga dapat menggugah selera makan
  5. Mencampurkan beberapa bahan makanan menjadi satu sehingga menghasilkan makanan yang kaya gizi dan nutrisi

Secara garis besar, memasak atau mengolah bahan makanan mentah diproses ,melalui tiga tahap, yaitu proses persiapan bahan makanan sebelum dimasak, proses memasak (mematangkan makanan), dan proses menata atau menyajikan makanan setelah matang. Setiap tahapan memasak memiliki peran penting dalam menghasilkan masakan yang berkualitas.

Dalam penelitian lebih lanjut, kegiatan masak tidak hanya memberikan dampak positif berupa makanan sehat dan lezat yang bermanfaat bagi pengonsumsi makanan. Namun, ternyata kegiatan memasak juga banyak memberikan manfaat bagi si pelaku masak atau orang yang melakukan kegiatan masak, baik orang tersebut ikut menyantap hasil masakannya atau tidak.

74,563 kali dilihat, 174 kali dilihat hari ini