5 Khasiat Jantung Pisang

manfaat jantung pisang, kesehatan, kecantikan, resep

Jantung pisang adalah bagian pohon pisang yang ada dipangkal antara batang dan daun pisang. Jantung pisang yang juga bisa disebut bunga pisang ini berwarna merah keunguan. Berbeda dengan peran jantung pada makhluk hidup lainnya yang memberikan kehidupan pada makhluk tersebut, jantung pisang justru menghisap seluruh nutrisi yang ada di dalam pohon pisang. Oleh karena itu, buah pisang tidak akan tumbuh secara maksimal apabila masih ada jantung di pohon tersebut.

Biasanya, untuk mendapatkan buah pisang yang berkualitas, jantung pisang akan dipotong dan dibuang begitu saja. Namun, tahukah Anda apabila jantung pisang sebenarnya dapat dikonsumsi dan sangat bermanfaat untuk tubuh? Jantung pisang mengandung flavonoid, fosfor, mineral, protein, kalsium, zat besi, vitamin, yodium, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan. Berikut 5 khasiat yang dapat kita peroleh dari jantung pisang.

  1. Mencegah Kanker dan Serangan Stroke

Kandungan flavonoid dalam jantung pisang berfungsi sebagai radikal bebas dan radiasi yang dapat memicu kanker. Selain itu, kandungan gizi jantung pisang bersifat anti-koagulan yang dapat memperlancar sirkulasi dalam darah sehingga tubuh terasa lebih segar, bugar, dan terhindar dari serangan stroke bagi penderita penyakit jantung dan stroke.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Jantung pisang mengandung serat yang sangat tinggi sehingga baik sekali untuk menyehatkan dan memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh. Kandungan serat dalam jumlah banyak ini juga membuat jantung pisang menjadi panganan yang mengenyangkan dalam waktu lama sehingga baik untuk menu diet. Terlebih lagi, jantung pisang tidak mengandung banyak lemak, sehingga tidak berbahaya apabila dikonsumsi secara rutin dalam porsi banyak.

  1. Mengobati Diabetes dan Menurunkan Kolesterol

Diabetes dan kolesterol adalah dua penyakit yang sering diderita oleh masyarakat. Ternyata, kedua penyakit tersebut dapat diringankan oleh jantung pisang. Selain mengandung banyak serat dan rendah lemak, indeks glukemik dalam jantung pisang cenderung rendah sehingga baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Kandungan lemak baik dalam jantung pisang juga dapat mengikat lemak jenuh dalam darah sehingga bisa menurunkan kolesterol tinggi. Konsumsi jantung pisang secara teratur agar tubuh lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

  1. Memperlancar ASI

Selama ini yang masyarakat tau hanya daun katuk yang dapat memperlancar ASI. Ternyata, kandungan protein tinggi dalam jantung pisang juga bisa memperlancar ASI. Jantung pisang aman dikonsumsi rutin oleh ibu menyusui karena rendah lemak dan mengandung banyak serat. Selain itu, jantung pisang dapat diolah menjadi aneka makanan lezat sehingga tidak akan membosankan apabila dikonsumsi setiap hari.

  1. Menyembuhkan Anemia

Anemia adalah penyakit kekurangan sel darah merah dalam tubuh sehingga penderita anemia biasanya mengalami pusing kepala, lemas, dan yang paling parah adalah kehilangan kesadaran atau pingsan. Kondisi ini biasanya sering dialami oleh wanita yang sedang menstruasi dan kehilangan banyak darah. Kandungan zat besi yang tinggi dalam jantung pisang sangat baik untuk menyembuhkan anemia.

Banyak sekali khasiat dan manfaat dari jantung pisang. Mulai sekarang, jangan buang jantung pisang dan olah menjadi makanan lezat yang baik untuk kesehatan tubuh.

836 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini